Review Buku States and Markets, Susan Strange

Judul : States and Markets
Penulis: Susan Strange
Penerbit: Printer Publisher, London
Tebal : 202 halaman
Bagaimanakah hubungan yang sesungguhnya dari politik dan ekonomi? Susan Strange dalam bukunya yang berjudul “States and Markets”hadir untuk menjelaskan tentang relasi antara politik-ekonomi serta berbagai pihak yang turut ambil alih dalam keadaan tersebut.

Perdagangan antar negara terjadi dengan berbagai macam dampak serta prosesnya. Dalam buku ini dibahas tentang gejolak politik yang ada kaitannya dengan ekonomi suatu negara. Persaingan perdagangan telah terbentuk sejak berabad-abad lalu menuai pro dan kontra antara usaha sebuah negara untuk berkuasa dan terpaksa dikuasai. Susan Strange mencoba mengupas arena pasar baik nasional maupun internasional di dunia. Dari keterkaitan antar negara, ketergantungan, pembuatan perjanjian hingga eksploitasi dibahas secara detail dalam buku ini. Selain itu juga landasan teori tentang perdagangan berbasis politik ditelaah secara terperinci dengan menyebutkan berbagai fakta sejarah.

Dari bahan-bahan pokok yang diperdagangkan sebuah negara hingga aturan-aturan main dalam berdagang akan dibahas di dalam buku yang bertebal 202 halaman ini. Adanya pihak-pihak penguasa yang memonopoli perdagangan mengekploitasi sumber daya yang ada. Selain itu perjanjian antar negara untuk memperoleh keuntungan dan pemenuhan kebutuhan juga dibahas di buku ini. Dari semua bab yang ada, pembaca dapat menyusun kerangka berpikir yang baik dan sistematis mengingat contoh yang disajikan sangat spesifik dari Amerika Serikat hingga negara-negara frontis di Asia.

Buku ini dapat membuat pembacanya seolah-olah kembali ke masa ketika adanya penjajahan dan perdagangan melalui laut. Dari bahasa yang dipakai Susan Strange dapat terlihat jika penulis berbobot dan bisa merangkai sebuah sejarah disertai dengan teori dan makna yang tentunya adalah inti dari buku ini. Sayangnya karena bahasa yang digunakan penulis terlalu tinggi, terlihat sulit untuk dipahami. Selain itu penulis juga seolah-olah mendongeng karena terlalu banyak cerita yang disajikan daripada inti yang ingin disampaikan.

Dengan adanya buku ini penulis mengharapkan ada pembelajaran yang mendasar tentang keterkaitan politik dan ekonomi yang bisa dipelajari lebih lanjut. Buku ini juga membuat pembacanya mengerti akan dinamika yang ada sebuah negara sehingga buku “States and Markets” ini bagus dibaca oleh mahasiswa.
• • •

0 comment:

Posting Komentar

Kindly write your comment