Obat cacing untuk kucing (combantrin)

Semenjak kucingku si bucuk Aussy gamau makan, papaku sempet tanya ke petshop waktu beli makan nih kucing. Kata petshopnya, kucingku mungkin cacingan (mengingat badannya gabisa gendut tapi perutnya buncit juga). Mereka menyarankan untuk membawa doi ke klinik/rumah sakit hewan. Tapi dasarnya aku males buat bawa-bawa Aussy jalan jauh, akhirnya dirumah browsing dulu tentang penyakit cacingan pada kucing.

Beberapa ciri kucing yang cacingan yaitu:
-perut buncit, badan kurus (malah kayak busung lapar)
-kalau masih kecil, pertumbuhannya tergolong jadi lambat
-ada cacing di muntah atau kotorannya (kalau putih namanya larva, bukan cacing. Tandanya ada infeksi di pencernaannya)

Nah sehari kemudian aku tanya ke temenku yang dokter hewan, doi bilang bisa ngasih combantrin cair ke kucing sebagai obat cacing. Weits kalo baca mungkin dikira endorsenya combantrin -_-

Combantrin dapat diberikan sebanyak 1ml per kilogram berat kucing. Jadi misalnya kucing kita beratnya 4kg, diberi 2ml.
Pemberiannya adalah 1ml pada pertama kali, tunggu 24 jam kemudian beri 1ml lagi. Fungsinya adalah membunuh beberapa cacing dalam perut si kucing. Fyi, kucingku cuma aku kasih 2ml, sisanya aku minum sendiri. Ini adalah contoh majikan yang hemat!

Pengalamanku sih, abis kucingku diberi combantrin nggak begitu banyak perubahan. Perubahannya beberapa hari kemudian emang lebih berisi badannya, dan juga beberapa kali muntah bulu. Dalam kasus ini kucingku gamau makan sampe kempes perutnya terus aku ganti makannya dengan merk pro plan (atau mungkin ini efek ganti makanan, bukan cuma obat cacing -_-)

Jangan lupa agar menjaga kucing untuk tidak sering bermain kotor dan duduk di tanah (kayak kata emak-emak, main tanah bikin cacingan hahahaha..). But, emang dasarnya kucingku Aussy yang setengah bule ini dibiarkan keluar masuk rumah dan main ke kebon orang, jadi agak rawan cacingan :D

Memang jika ingin optimal, jangan gunakan combantrin karena obat ini pada hakikatnya untuk manusia. Pemberian obat cacing pada kucing lebih baik juga rutin 1x3 bulan.
Jika sakit berlanjut hubungi dokter hewan yaa..

-Read More
• • •