Definisi Interdisipliner, Apa itu Interdisipliner?


Banyak hal yang ditemui di dalam kehidupan masyarakat jaman sekarang yang disangkut pautkan dengan kata interdisipliner. Interdisipliner sendiri mewakili kata disiplin, dimana banyak diangga sebagai batasan suatu hal, yang mana dalam bahasan ilmu pengetahuan juga dijadikan sebagai batasan ide-ide dalam ilmu itu sendiri. Sedangkan interdisipliner tidak membatasi sebuah ilmu untuk bekerja sendiri, tetapi saling dikaitkan satu sama lain sehingga dapat disebut sebagai ‘antar cabang’.

Dalam memecahkan sebuah kasus, interdisipliner ilmu sering sekali digunakan. Dalam hal ini selain sebagai pemecah masalah juga sebagai alat analisis yang kuat sehingga dapat diketahui bagian-bagian kasus melalui cabang ilmu yang berbeda. Sebagai contoh adalah sebuah kasus banjir yang melanda Ibukota Jakarta. Kita dapat menggunakan berbagai cabang keilmuan untuk menganalisisnya. Dalam disiplin ilmu alam maka kita dapat melihat itu sebagai bencana yang ditimbulkan dari keadaan sebuah letak geografis. Tetapi dalam disiplin sosial bisa saja kita melihat banjir tersebut dari aktifitas masyarakat sekitarnya. Sehingga pada akhirnya dapat diambil sebuah tindakan dimana banjir dapat dihindari dengan memperhatikan keadaan alam dengan memanfaatkan sumber daya manusia untuk menjaga dan merubah keadaan menjadi lebih baik. Hal inilah yang disebut dengan pendekatan interdisipliner ilmu. Pada hakikatnya interdisiplin dilakukan dengan pendekatan beberapa cabang ilmu secara serentak dan tetap disesuaikan dengan jenis kasus yang dihadapi.

Interdisipliner hadir dikarenakan kebutuhan masyarakat yang semakin kompleks. Hal ini disebabkan karena semakin lamanya manusia mengembangkan pola berpikirnya, maka semakin besar pula rasa ingin tahu mereka untuk mengembangkan sebuah ilmu menjadi lebih rumit lagi. Pada awalnya sebuah masalah hanya dipecahkan oleh satu disiplin ilmu tertentu sehingga hasilnya analisis yang diperoleh hanya berkutat dalam satu permasalahan bahkan menimbulkan permasalahan lainnya. Hal inilah yang membuat interdisiplin lahir sebagai jembatan antar dimensi keilmuan, yang pada dasarnya ingin memecahkan sebuah masalah tanpa menimbulkan permasalahan pada pihak lain.

Sehingga pendek kata, interdisipliner menjadi pilihan yang banyak diambil oleh para analisator dan pemecah-pemecah permasalahan di dunia. Interdispliner menjadi sebuah pemecahan terbaik dalam menelaah sebuah permasalahan dengan cabang berbeda tetapi dengan waktu yang serentak. Sehingga tidak sedikit peneliti ilmiah menggunakan pendekatan ini untuk memecahkan sebuah permasalahan, bahkan untuk membahas suatu hal yang baru.
• • •

0 comment:

Posting Komentar

Kindly write your comment